Jumat, 01 Maret 2013

Pemula Yang Berhasil Budidaya Pepaya Calina

Pak Iwan dan pak Herman adalah Pemula Yang Berhasil Budidaya Pepaya Calina - Memang tidak sulit membudidayakan pepaya jenis apapun, baik jenis pepaya calina yang saat ini sedang “naik daun” atau jenis pepaya hawaii, pepaya red lady, pepaya orange lady atau pepaya bangkok/thailand. Buktinya, seperti pa Iwan dan pa Herman yang kemarin (25 Desember 2012) dikunjungi di ke dua kebun pepaya miliknya di daerah Parung Bogor oleh Amir Hamza. Memang masih perlu sentuhan sedikit disana sini namun pada umumnya saya katakan cukup berhasil, seperti yang terlihat di gambar/foto yang diambil.

Para petani pepaya yang umumnya para pemula meraka cukup berhasil. Kalau boleh di simpulkan hanya 1 (satu) kata kuncinya yaitu ketekunan. Disamping ada faktor-faktor lainnya yang menunjang keberhasilan seperti pemilihan lahan yang cocok dan aman untuk budidaya pepaya. Juga pemilihan benih atau bibit yang baik karena untuk mencapai keberhasilan sudah barang tentu diawali dengan benih atau bibit yang baik, kalau benih atau bibitnya saja sudah kurang baik akan sulit nencapai kesuksesan membudidayakan pepaya.


Sukses untuk pak Iwan dan pak Herman, amati terus pertumbuhan pepayanya satu persatu, rutin pemberian pupuk baik organik maupun non organik dan segera ambil tindakan bila ada gejala yang mencurigakan seperti daun berubah warna atau nampak tidak segar sudah ada tanda bercak kuning atau seperti terbakar, atau pucuk daun seperti mulai kriting, atau bunganya banyak yang rontok dan atau ada  gejala-gejala lainnya yang sekiranya mencurigakan harus cepat atau segera ambil tindakan.



Sekian dulu info dari JUPE CALINA - Juragan Pepaya Calina...Jika ada yang mau ditanyakan bisa koment dibawah ini atau like fanpage facebook JUPE CALINA. Terimakasih :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar